Sabtu, 31 Agustus 2024

Mengenal OLXmobbi, Ahlinya Mobil Bekas Berkualitas untuk Si Mobilitas Tinggi

OLXmobbi solusi bagi penjual dan pembeli mobil bekas

“Jika kamu manusia sat-set yang membutuhkan mobilitas tinggi untuk pekerjaanmu, memilih mobil bekas yang tepat merupakan keharusan. Jangan sampai kamu menyesal karena spek mobil bekas yang kamu beli tak sesuai ekspektasimu”

***

Masih ingat rasanya ketika tahun 2001, simbah membeli mobil bekas milik tetangganya. Waktu itu, teknologi belum secanggih saat ini. Kalau mau beli barang-barang bekas termasuk mobil bekas, harus menggunakan jasa makelar. 

Beruntung, kala itu ada tetangga yang hendak menjual mobil bekasnya, simbah tinggal negosiasi harga. Setelah dirasa cocok, mobil bekas tersebut akhirnya dibeli simbah dengan harga lumayan murah. 

Sebelumnya, simbah pernah hampir ketipu dengan oknum tak bertanggungjawab saat akan membeli mobil bekas. Ceritanya, ada makelar yang datang ke rumah simbah, bilang kalau ada orang mau jual mobil bekas miliknya dengan harga murah dengan kondisi mobil mulus. 

Tertariklah beliau. Saat didatangi, memang, mobil yang hendak dijual punya bentuk yang bagus. Seolah tak ada cacat sama sekali. Tapi, ketika dicoba oleh simbah, ternyata mesinnya ngadat. Diajak jalan sedikit, ternyata macet. 

Ditanya-tanyalah oleh simbah, ternyata mobil bekas tersebut pernah kemasukan air ketika terjadi banjir di Semarang. Setelah dicek, mesin dalam juga banyak yang berkarat. Sebagai orang yang katam soal permobilan, simbah jelas tak mau rugi. 

Beliau akhirnya marah-marah dan gak jadi beli. Sebab, makelar tidak jujur dari awal soal history penggunaan mobil dan kerusakan yang pernah terjadi. Asal casing bagus aja, padahal mesin dalam ternyata berkarat. 

Cerita kedua, sekitar tahun 2010, simbah pernah dapat cerita horor saat mau menjual mobil bekas milik beliau. Waktu itu beliau mengajakku ke tempat penjualan mobil di Kota Semarang. Nah, di sana ada bapak-bapak bareng istrinya juga mau menjual mobil jadul gitu. 

Si bapak itu cerita kalau mobil bekas yang ia beli dari teman kantornya, berhantu. Hal itu bisa dirasakan,  setelah beberapa kali si bapak diperlihatkan mbak-mbak (dilihat dari kaca depan) membonceng dibagian belakang. Setelah dicek, gak ada apa-apa. 

Mobil bekas tersebut juga sering berhenti di lokasi-lokasi yang tidak lumrah. Misal, di deket makam atau di deket rumah tua. Ternyata, setelah ditelusuri, mobil tersebut pernah mengalami kecelakaan dan pemilik sebelumnya meninggal. 

Entah kelanjutannya seperti apa. Tapi kata si bapak, ia dan keluarganya berencana akan menjual mobil tua itu. Hmmmm, ada-ada aja memang cerita soal jual beli barang-barang lama, termasuk mobil bekas.

Berkaca dari cerita horor si bapak atau pengalaman simbah yang pernah hampir dibohongi soal membeli mobil bekas, aku jadi paham bahwa membeli barang apapun perlu kecermatan. Kala itu, belum ada teknologi layaknya smratphone yang bisa dimanfaatkan untuk searching atau browsing. 

Saat akan membeli atau menjual sesuatu, jasa makelar secara langsung, sangat dibutuhkan. Nah, trickynya, kalau pembeli tipikal orang yang gak cermat dan main angguk-angguk aja pas beli, bisa dibohongi soal kondisi barang.

Perhatikan hal berikut ini sebelum membeli mobil bekas

Fatalnya kalau barang udah kebeli dan baru ketahuan kalau punya history dan penggunaan yang buruk di akhir, bakal rugi sebagai konsumen. Beruntung, soal beli mobil bekas, simbah udah termasuk ahli. Simbah sedikit-sedikit juga paham otomotif-lah. 

Beberapa tips ketika membeli mobil bekas supaya gak ketipu nih, 

Tentukan Budget

Sebelum membeli mobil bekas, tentukan dulu budget yang akan dikeluarkan. Misal, punya budget Rp 80 juta, ya kita harus cari spek mobil yang sepadan dengan harga. 

Cari Tahu Kebutuhan

Membeli mobil juga ditentukan oleh kebutuhan. Bakal digunakan untuk keluarga atau sendiri. Jika untuk keluarga, maka konsumen bisa membeli mobil ukuran agar besar. Tapi jika untuk bekerja dan masih jomblo, bisa membeli mobil ukuran kecil. 

Riset Mobil

Sebagai konsumen cermat, cari tahu spesifikasi, kekurangan, dan kelebihan mobil itu wajib. Ya, meski gak paham-paham banget soal mobil, kamu bisa menanyakan ke orang yang ahli soal permobilan. Riset mobil penting juga untuk menentukan kegunaan serta menaksir budget. 

Bandingkan Harga

Membandingkan harga satu mobil dengan mobil lainnya juga penting. Dengan membandingkan harga, konsumen jadi bisa lebih berhemat saat membeli mobil bekas. Zaman sekarang, membandingkan harga bisa lebih mudah karena ada smartphone untuk browsing.

Pahami soal Emisi BBM

Standar emisi merupakan persyaratan hukum yang mengatur jumlah polusi udara yang diizinkan dilepaskan ke atmosfer. Tiap mobil biasanya punya standar emisi tertentu yang dinyatakan lolos atau tidak. 

Zaman sekarang, paham standar emisi sebelum membeli mobil sangat penting. Apalagi di kota-kota besar sering ada pemeriksaan perihal kelayakan mesin dalam menghasilkan emisi gas buang.

Nah itu dia tips menyoal jual beli mobil bekas yang gak boleh sembarangan. Kalau kamu berada di sisi penjual, kamu harus bertanggungjawab penuh soal produk yang kamu jual. Namun, kalau kamu seorang pembeli/konsumen, kamu harus cermat soal kualitas produk.

Sampai kapanpun, jual beli mobil bekas akan terus terjadi karena setiap waktu, mobil akan mengalami perkembangan berdasar inovasi dan kebutuhan pasar. 

Menurut Gaikindo, penjualan mobil bekas di tahun 2023 mencapai 5,8 juta unit, naik 12,5% dibandingkan tahun 2022. Kenaikan angka tersebut disebabkan oleh banyak faktor termasuk minat terhadap harga yang lebih terjangkau serta tingkat kebutuhan.

Pertmbangan membeli mobil bekas berdasar infografik Kompas (Sumber : Kompas)

Nah, sekarang pertanyaannya, apakah membeli mobil bekas masih worth it? Tentu saja. Ada berbagai alasan orang memilih membeli mobil bekas ketimbang mobil baru. 

Alasan pertama soal harga. Membeli mobil baru dengan merek sama bisa memiliki harga lebih tinggi. Misal harga mobil F jika baru Rp 200 juta tapi jika membeli bekas harga Rp 170 juta. Jadi bisa lebih murah kan? 

Alasan kedua soal budget. Orang membeli mobil bekas karena budget yang terbatas. Misalnya seperti simbah saya yang seorang PNS. 

Beliau kala itu cuma punya budget Rp 60 juta, maka beliau akan memilih mobil bekas daripada mobil baru yang budgetnya pasti lebih besar. 

Alasan ketiga, soal nilai depresiasi atau penurunan nilai jual mobil yang terjadi seiring berjalannya waktu. Penurunan nilai ini disebabkan oleh pemakaian, keusangan, atau inovasi teknologi. 

Alasan keempat soal biaya asuransi yang lebih rendah. Yup, mobil bekas biasanya memiliki biaya asuransi yang bisa dikontrol oleh pembeli selanjutnya karena lebih murah. Ya, namanya juga bukan barang baru sehingga nilai asuransi yang dibayarkan pun relatif lebih rendah dari pembelian mobil baru. 

Alasan kelima, memiliki performa dan jenis yang bisa dipilih dengan mudah oleh pembeli sesuai dengan kebutuhan. 

Misal, berkeinginan membeli mobil mini untuk aktivitas 2 orang, penyedia jual beli mobil bekas layaknya OLXmobbi, bisa dengan mudah menyarankan mobil bekas yang dimaksud. 

Alasan keenam, bisa dijual lagi dengan harga tak terlalu jatuh. Yup, pengalaman simbah ketika membeli mobil bekas milik tetangga, harganya saat itu 60 juta lebih dikit. Kemudian, ketika dijual harganya menjadi Rp 50 juta. Jadi, jaraknya tak terlalu jauh. 

Itulah beberapa alasan orang lebih memilih membeli mobil bekas ketimbang mobil baru. So, ketika bertanya masihkah worth it membeli mobil bekas untuk mobilitas dan aktivitas Sat-setmu? Jelas masih donk! 

Orang yang punya mobilitas tinggi cenderung sering berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya dalam waktu singkat. Tentunya, ia membutuhkan transportasi yang bisa sat-set membawa dia kemana saja. 

Pekerjaan yang membutuhkan mobilitas tinggi sehingga membutuhkan kendaraan

Pekerjaan dengan mobilitas tinggi menuntutmu sering berpindah tempat atau melakukan perjalanan. Beberapa contohnya:

  • Pramugari/Pramugara: Terbang ke berbagai kota bahkan negara setiap hari.
  • Sales: Sering mengunjungi klien di berbagai lokasi.
  • Kurir: Mengantar paket ke berbagai alamat.
  • Konsultan: Melakukan kunjungan ke klien di berbagai perusahaan.
  • Event Organizer (EO): Mengatur acara di berbagai tempat.
  • Jurnalis Lapangan : seorang pekerja profesional yang bertugas meliput berita di lokasi kejadian.
  • Tukang Servis: seorang pekerja profesional yang pekerjaannya melakukan perbaikan barang, isi rumah atau gedung milik klien.
  • Make up artis : pekerja profesional yang berhubungan dengan seni tata rias. 

Nah guys, itu dia pekerjaan yang menuntut kita untuk bermobilitas tinggi. Kita bukanlah tokoh superhero seperti Barry Allen di film The Flash yang bisa berpindah cepat karena kekuatannya. We just human hehe. 

So, selain menggunakan motor, pekerja profesional dengan jam terbang tinggi juga butuh mobil sebagai kendaraan penunjang. Why? Mobil bisa dimanfaatkan di segala medan, pengguna bisa lebih aman dari suasana panas maupun hujan sehingga barang bawaan tetap aman. 

By the way, sedikit bercerita, aku punya teman yang bekerja sebagai Make Up Artis. Setiap kali mendapat klien untuk kegiatan wisuda atau pernikahan, temanku  harus pergi ke lokasi, membawa banyak peralatan make up. 

Baginya, mobil bisa membawa banyak barang. Saat ia harus pergi sendiri tanpa partner, mobil jadi teman setia yang membawa ia melanglang buana, merias cantik klien-klien yang memesan jasa make up miliknya. 

Dulu, awal-awal merintis karier, dia menggunakan motor sebagai kendaraan. Setelah jam terbang tinggi karena banyaknya permintaan, akhirnya temanku membeli mobil bekas. 

Sekarang, mobilitasnya gak main-main. Jasa rias wisuda dan pengantinnya sering dipesan antar kota. Paling jauh, dia ke Jakarta untuk make up temannya yang menikah. Keren bener memang. 

Melihat mobilitas temanku, aku jadi tahu kalau semakin besar jam terbang seseorang, maka semakin membutuhkan kendaraan yang bisa diandalkan. Tak perlu yang terlalu mahal atau baru kalau budget masih minim, asal bisa bermanfaat dan sesuai kebutuhan, mobil bekas pun bisa jadi pilihan.

OLXmobbi ahlinya mobil bekas berkualitas

Tidak seperti tahun 2001 lalu, membeli mobil bekas zaman now bisa lebih mudah karena banyak referensi. Dulu, kalau mau cari mobil, harus nunggu tetangga jual atau tanya ke makelar mobil. 

Zaman now, ketika hendak membeli mobil, kita bisa search melalui aplikasi atau buka website jual beli mobil bekas terpercaya. Misalnya seperti OLXmobbi. Ya, namanya kendaraan, maunya kan dipakai lama, sehingga harus pilih yang sesuai budget tapi berkualitas. 

FYI, OLXmobbi ahlinya mobil bekas bisa menjadi situs rekomended untuk menjual atau membeli mobil bekas. Kalau kalian punya mobil bekas dan mau menjualnya, bisa melalui situs tersebut. 

Lho, lho, mengapa harus memilih OLXmobbi?

OLXmobbi merupakan situs jual beli mobil bekas yang aman dan terpercaya karena merupakan bagian dari Astra. OLXmobbi adalah penggabungan antara mobbi, OLX Autos dan juga mobil88 yang berada di bawah naungan PT Astra Digital Mobil. 

Fokus utama bisnis ini berupa jual beli mobil bekas secara online dan offline yang terintegrasi teknologi sehingga mampu menawarkan layanan transaksi jual beli mobil bekas dengan aman, nyaman, mudah, dan cepat.

Pernah gak sih kalian kepikiran kalau beli mobil bekas bakal aman atau engga? Aman di sini maksudnya jauh dari kata “Tipu-tipu”. Taruhlah kamu seorang konsumen, ketika hendak membeli mobil bekas, pastilah berpikir, 

  • Apakah mobil tersebut mesinnya masih bagus? 
  • Apakah mobil bekas tersebut bekas banjir? 
  • Apakah mobil tersebut punya sendiri atau curian? 

Semua pertanyaan tersebut wajar ada pada seorang pembeli mobil. Nah, sebagai situs jual beli mobil terpercaya, OLXmobbi menawarkan mobil bekas yang telah teruji pasti sehingga aman dan dapat dipercaya. Apa saja keutamaan situs jual beli besutan PT Astra Digital Mobil ini? 

Tersedia mobil sesuai Kebutuhan

Bila kamu membuka situs OLXmobbi, kamu akan menemukan 10.000 lebih mobil dengan berbagai merek yang bisa kamu pilih sesuai budget serta kebutuhanmu. 

Jika dipergunakan untuk keluarga, kamu bisa beli mobil muat 8 orang. Tapi jika untuk bekerja dan kamu masih single, kamu bisa beli mobil muat 5 orang. Semua tersedia dan kamu tinggal memilih. 

Menawarkan harga terbaik

OLXmobbi memberikan harga terbaik untuk setiap mobil yang dijual maupun dibeli. Konsumen bisa memilih sesuai harga yang diinginkan. 

Gratis inspeksi

Sebelum dijual, OLXmobbi selalu memastikan bahwa mobil dalam kondisi baik, sebab, mereka telah memiliki teknisi ahli dengan reputasi yang baik. 

Dokumen lengkap dan legalitas dipercaya

Baik pembeli maupun penjual mobil dipastikan aman saat bertransaksi, sebab dokumen mobil harus punya legalitas yang benar dengan dokumen lengkap. 

Bergaransi resmi

Mobil punya garansi baik mesin maupun transmisi selama 1 tahun, jaminan 7 hari uang kembali, sehingga pembeli tak perlu khawatir soal bila setelah pembelian, mobil mengalami permasalahan.

Perlu diketahui bahwa OLXmobbi lahir dari penggabungan antara mobbi, OLX Autos dan juga mobil88 yang berada di bawah naungan PT Astra Digital Mobil. 

Penawaran cash back menggiurkan bagi siapapun yang melakukan
transaksi jual beli mobil

OLXmobbi akan fokus pada bisnis layanan online dan offline jual beli mobil bekas yang berbasis teknologi serta onestop solution yang memberikan layanan transaksi jual beli mobil bekas dengan aman, nyaman, mudah, dan cepat.

Saat ini OLXmobbi memiliki lebih dari 30 toko dan inspection center yang tersebar di 10 kota besar di Indonesia seperti Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Malang, Denpasar, Pekanbaru, Palembang, Balikpapan, dan Medan.

Membeli mobil bekas berkualitas memang gampang-gampang susah. Apalagi untuk mereka yang punya budget minimum tapi membutuhkan mobil dengan kualitas bagus.

Bagi calon pembeli, ada baiknya memahami spesifikasi, track record pemakaian serta memperhatikan kelengkapan surat. Jangan mudah tergiur dengan iming-iming harga murah. Pokoknya jangan ya dek ya!

Tampilan situs OLXMobbi yang simpel dan user friendly

Berkenaan dengan jual beli mobil bekas, OLXmobbi sangat rekomended. Situs besutan PT Astra Digital Mobil tersebut sudah terbukti memiliki pelayanan terbaik. Tak hanya itu saja, banyak benefit yang bisa didapatkan penjual maupun pembeli ketika mempercayakan mobilnya ke OLXmobbi.

Well, dengan adanya OLXmobbi, transaksi mobil bekas tak lagi khawatir tercurangi. So, tunggu apalagi, mau mobil bekas berkualitas untuk si mobilitas tinggi, cek-cek dan klik-klik aja ke  OLXmobbi! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon tidak memberikan komentar dengan link hidup karena akan langsung dihapus dan ditandai spam