Minggu, 01 September 2024

Siap Menjadi Arsitek dan Animator Profesional Bersama ET Station Pro

Kamu gak akan tahu pentingnya perangkat komputer dengan performa tinggi kalau gak kenal anak teknik yang harus instal software-software berat demi perkuliahan mereka.

Teman : waduh, lemot nih, nunggu 2 jam nyampe gak ya? 

Aku : instal apa sih Bro? Kok kek lama banget.

Teman : Solidwork Rul, untuk gambar teknik. Wajar, laptopku emang spek biasa. Jadi agak lemot. 

Aku : oalah, gitu. Laptop berpengaruh ya. 

Teman : Oh yo jelas itu Rul. 

Bagi anak jurusan ekonomi sepertiku, komputer dengan kemampuan basik untuk mengetik, edit power point dan browsing saja sudah cukup mumpuni untuk memenuhi kebutuhan. 

Tapi beda dengan anak teknik yang memerlukan komputer dengan spesifikasi tinggi. Mengapa? Software-software yang dibutuhkan mereka ternyata gak kaleng-kaleng guys! Selain butuh RAM, storage yang besar, anak teknik butuh komputer yang stabil dan kuat. 

Sedikit bercerita, di perkuliahan dulu, aku ikut organisasi tingkat kampus bernama UkM Rekayasa Teknologi. UKM tersebut memang bisa diikuti jurusan manapun, tapi 85 persen anggota dan pengurusnya merupakan anak teknik. 

Salah satu adik kelas jurusan teknik Sipil pernah kelimpungan mendapat tugas membuat desain bangunan. Namanya juga mahasiswa baru, belum punya komputer yang mumpuni.

Jika terpaksa mengerjakan mata kuliah gambar teknik atau denah, ia akan ke sebuah tempat bernama Limuny (warnet milik kampus). Di Limuny terdapat PC dektop yang cukup handal untuk mengerjakan tugas kuliah. 

Setelah melihat perjuangan teman-teman di Fakultas Teknik saat mengerjakan proyek mata kuliahnya, aku jadi paham bahwa perangkat dengan spesifikasi gahar diperlukan, entah laptop maupun Personal Computer (PC) desktop.

Semenjak masuk ke organisasi kampus berisi anak-anak jurusan teknik, saya sadar bahwa tiap orang membutuhkan perangkat perangnya masing-masing, termasuk pekerja profesional. 

Pernah gak sih membayangkan mereka yang bekerja sebagai seorang arsitek profesional atau animator 3D kelas dunia. Jelas, mereka membutuhkan PC Kustom Arsitektur yang punya kinerja mantap. 

Pengalaman dari teman jurusan teknik sipil, saat ia menggunakan laptop dengan spek rendah untuk membuka software berat, bakal ngelag minta ampun. Jadinya, hasil kerja kurang optimal. 

Tak heran, mereka yang berkecimpung dalam kerja-kerja profesional, memerlukan sebuah workstation cepat dan handal layaknya ET Station Pro. Memangnya, spesifikasi hebat apakah yang bisa dimiliki oleh ET Station Pro?


VGA Zotac RTX 4070 Ti Trinity OC 12GB

Zotac RTX 4070 Ti Trinity OC 12GB adalah kartu grafis (GPU) gaming kelas atas yang dirancang untuk memberikan performa tinggi pada resolusi tinggi dan pengaturan grafis maksimal. 

CPU Intel Core i7-14700KF

Intel Core i7-14700KF adalah sebuah prosesor desktop kelas atas yang menawarkan performa tinggi. Berikut adalah spesifikasi utamanya:

  • 20 core: Terdiri dari 8 core kinerja tinggi (P-core) dan 12 core efisiensi (E-core). 
  • 28 thread: Mendukung 28 tugas secara bersamaan.
  • Frekuensi maksimal 5,6 GHz: Dapat mencapai kecepatan hingga 5,6 GHz untuk kinerja puncak.
  • Socket LGA 1700: Kompatibel dengan motherboard yang menggunakan soket ini.

Bagi orang yang paham mengenai teknologi komputer, semakin besar series core, semakin mahal pula harganya. Why? Itu karena teknologi yang ditawarkan juga handal. 

Kapasitas RAM yang Besar

Bagi pekerjaan-pekerjaan harian seperti browsing, multimedia atau office, RAM yang disarankan untuk sebuah PC adalah 8GB. Tapi, untuk pekerjaan-pekerjaan berat, dibutuhkan minimal RAM 32 GB. ET Station Pro dilengkapi dengan RAM sebesar 32 GB DDR5 TFORCE Delta RGB 6000 MHz. 

Hardisk 1TB Gen4 Samsung 990 Pro

Et Station Pro telah dibekali penyimpanan Hardisk sebesar 1 TB dengan kualitas teknologi milik Samsung. Ini akan membuat ruang penyimpanan luas. 

Motherboard Gigabyte Z790M Aorus Elite AX

Gigabyte Z790M Aorus Elite AX adalah motherboard gaming kelas menengah ke atas yang didesain untuk para pengguna yang menginginkan performa tinggi dan fitur-fitur canggih. 

Motherboard ini kompatibel dengan prosesor Intel generasi ke-13 dan ke-12, serta mendukung RAM DDR5. Gak heran nih, adanya mother board gigabyte dalam ET Station Pro membuat kinerja lebih cepat, anti lag-lag club. 

Casing ET Forge Elite MATX-Black

Casing ET Forge Elite MATX-Black merupakan casing besutan Einstein Teknologi. Memang, belum banyak informasi mengenai produk ini karena produk tersebut dijual secara kustom melalui produk ET Station Pro. 

Power supply Prime 850W 80 Plus Gold

Power supply Prime 850W 80 Plus Gold adalah komponen penting dalam sebuah komputer, khususnya untuk menyuplai daya listrik ke seluruh komponen internal. 

Kapasitas: 850 Watt menunjukkan kemampuan PSU dalam memberikan daya hingga 850 watt. Ini biasanya cukup untuk sistem gaming kelas atas atau workstation yang membutuhkan daya tinggi.

FAN dan Cooler

  • 4x ET ColorBreeze RGB5V-12V
  • Thunderbolt GC Maple Ridge 4.0
  • Konverter Displayport to HDMI 4K 30Hz 2m
  • AIO Liquid Thermaltake TH240 v2 ultra aRGB LCD -Black (Cooler)

Kipas dan pendingin merupakan komponen penting yang berfungsi menjaga suhu komponen-komponen di dalam komputer agar tetap dingin.

Melihat betapa gaharnya ET Station Pro melalui spesifikasinya, sangat jelas bahwa ia bisa diandalkan untuk berbagai pekerjaan profesional seperti, 

Arsitek atau Perancang Bangunan

Arsitek adalah seorang profesional yang bertugas merancang bangunan. Mereka bertanggung jawab atas perencanaan, desain, dan pengawasan pembangunan berbagai jenis bangunan.

  1. Merancang konsep: Membuat ide awal tentang tampilan dan fungsi bangunan.
  2. Membuat gambar desain: Menggambar rencana bangunan secara detail, termasuk denah lantai, tampilan depan, dan potongan bangunan.
  3. Memilih bahan bangunan: Memilih material yang sesuai dengan desain dan anggaran.
  4. Mengawasi pembangunan: Memastikan bangunan dibangun sesuai dengan rencana.

Demi merancang desain bangunan yang berkualitas, seorang arsitek memerlukan Komputer Desain Arsitektur canggih seperti ET Station Pro. Sebab, ET Station Pro adalah PC Kinerja Tinggi untuk Arsitek.

Animator 3D

Animator merupakan profesi yang berkaitan dengan seni menciptakan ragam gambar bergerak pada saat ditayangkan. Mereka merupakan orang dibalik film-film animasi 3D yang biasa kita lihat di bioskop atau TV. 

Beberapa aktivitas yang dilakukan seorang animator yang perlu kita ketahui,

  1. Menggambar: Membuat sketsa dan gambar yang akan menjadi dasar animasi.
  2. Membuat model: Membangun model 3D jika animasinya menggunakan teknik 3D, mereka membutuhkan Komputer Rendering 3D untuk membuatnya.
  3. Menganimasikan: Memberikan gerakan pada gambar atau model.

Seorang animator melakukan pekerjaan yang cukup rumit. Biasanya, mereka membutuhkan software-software berat, sehingga membutuhkan Komputer untuk Render 3D yang handal seperti ET Station Pro.

***

Baiklah, itu dia 2 pekerjaan profesional yang sering menjalankan software berat seperti solidwork, Blender dan lainnya sehingga memerlukan kehadiran ET PC desktop Workstation yang canggih serta handal. Well, bila bicara perangkat handal, tentunya ET Station Pro bisa jadi pilihan terbaik. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon tidak memberikan komentar dengan link hidup karena akan langsung dihapus dan ditandai spam