Senin, 01 Juli 2024

Serunya Memeriahkan Sampan Digifest 2024 di Kota Pekalongan

Sampan Digifest 2024 di Lapangan Jetayu

Memeriahkan Sampan Digifest 2024 di Kota Pekalongan - Beberapa waktu ini, Nara tengah membutuhkan aktivitas baru untuk memenuhi kebutuhan gerak badan dan cuci mata, eh, ternyata ada informasi dari akun Bank Indonesia Tegal kalau pada tanggal 28-29 Juni 2024 ada agenda.

Agenda tersebut bernama Sampan Digifest 2024 yang diadakan di Lapangan Jetayu Kota Pekalongan selama dua hari. Di sana, ada beberapa kegiatan yang terselenggara, baik di hari pertama maupun kedua. 

Demi memeriahkan acara, berbagai UMKM binaan BI dan bank-bank yang ada di Pekalongan juga turut hadir, diantaranya 7 UMKM binaan Bank dan 30 UMKM kuliner serta wastra yang ada di Pekalongan.

Menariknya, pengunjung bisa bermain game di booth milik Bank Indonesia Tegal untuk mendapatkan voucher diskon sebesar Rp 10.000, yang bisa digunakan untuk membeli produk di stan-stan UMKM. 

Di belakangku, pada gambar di bawah ini, kalian bisa lihat kan stan-stan UMKM. Masing-masing menjual produk unik, kami tidak melewatkannya tentu saja. 

Aku berasa di stan UMKM sisi kanan, sebelah kiri, masih ada lagi lho
Nah, melalui artikel ini, aku ingin menceritakan aktivitasku dan adik selama jalan-jalan tipis ke acara Sampan Digifest 2024. Rasanya cukup menyenangkan mengingat lokasi yang tak jauh dari rumah. 

Hari pertama Sampan Digifest 2024

Acara dibuka pada pukul 14.00 WIB. Ketika aku dan adikku menjejak ke lokasi, di sana sedang terselenggara Talkshow : Generasi Melek Digital dengan narasumber yang cukup kompeten, Victoria Wong dan Mas Wahid, yang siap membahas tantangan dan peluang di era digital.

Kala itu sebenarnya aku ingin mengikuti talkshow tersebut, hanya saja aku lupa untuk melakukan registrasi melalui form yang tersedia. Di flyer event sebenarnya sudah ter-upload informasi soal talkshow. Sayang sekali, padahal acaranya keren. Ada goodie bag lucunya lagi. 

Di hari pertama, aku dan adikku hanya berputar-putar untuk mendokumentasikan acara sekaligus memeriahkan stan edukasi dari Bank Indonesia Tegal. 

Aku dan adikku tengah bermain permainan di booth BI Tegal
Di stan tersebut ada beragam permainan seperti menjawab soal, mencari kata acak, acak kata, puzzle, hingga menghafal logo.

Aku dan adikku bermain acak kata dan berhasil mendapatkan voucher potongan harga sebesar Rp 20.000 yang bisa digunakan di tiap stan. BTW, aku, adikku dan temanku mendapatkan dua voucher dari dua permainan. Asyikkk banget!!

Sekitar pukul 16.00 WIB, acara talkshow telah selesai. Tiap tamu undangan dan pengunjung mulai memadati lokasi stan kuliner untuk berkumpul bersama. 

Aku bersama adikku duduk menikmati makanan yang kami beli
Aku, adik dan temanku duduk di lokasi yang disediakan untuk menikmati makanan yang telah kami beli. Kebetulan aku membeli cukup produk juga untuk dibawa pulang ke rumah. 

Makanan yang kami nikmati on the spot berupa donat dan es krim, yang kami dapatkan dengan harga murah karena memakai voucher diskon. Setelah puas berkeliling, pukul 17.00, menuju waktu magrib, kami pun pulang.

Hari Kedua,

Hari kedua, acara Sampan Digifest 2024 terdapat lebih banyak kegiatan dan keramaian. Jika sebelumnya acara dibuka sekitar pukul 14.00 WIB. Di hari kedua, acara dibuka sejak pagi. lapangan Jetayu telah dipenuhi oleh pengunjung.

Dua hari kegiatan di Sampan Digifest 2024 di Kota Pekalongan

Jika kalian termasuk orang yang membutuhkan healing tipis berupa keramaian, bisa tuh ikutan kegiatan ini sejak pagi sampai malam sekitar pukul 21.00 WIB. Aku dan saudaraku sendiri mulai ke venue acara pukul 06.30 karena ikut senam CBP Rupiah dan QRIS.

Aku dan adikku berfoto dulu sebelum senam
Btw guys! Aku dan adikku ikut senam sehingga harus berasa di lokasi sejak pagi. You know, awalnya aku kira masih sepi, ternyata ketika kami tiba, di sana sudah banyak orang mengantri. 

Yup, bagi 150 orang pertama yang datang ke acara, akan mendapatkan kaos gratis untuk senam sekaligus dia voucher. Kami juga mendapatkan kesempatan memperoleh undian dengan hadiah cukup menggiurkan. 

Aku di depan panggung untuk mengikuti senam CBP Rupiah dan QRIS
Ada sepeda, kulkas, televisi LCD, magic com, blender dan masih banyak lagi. Senam dimulai sekitar pukul 7.00 dan berakhir pukul 8.30. Setelah selesai senam, pembacaan undian pun dilakukan, sayangnya, baik aku, adik atau kawanmu gak ada yang menang, hiks

Tapi its okay. Meski gak dapat undian, kami masih punya voucher diskon untuk digunakan di stan-stan UMKM. Hari itu, aku membeli pempek Palembang, donat, es yogurt dan roti bakar. 

Kami pulang ke rumah sekitar pukul 11 siang. Sebelum pulang, aku membeli gula di tenant milik Bank Indonesia Tegal. Tepatnya di depan Museum Batik Pekalongan. Di sana ada tebus sembako murah jika membayar menggunakan QRIS.

Harga beras 5 kg yang semula Rp 53.000 menjadi Rp 47.000, lalu, gula pasir yang semula Rp 15.000 menjadi Rp 13.000, dan minyak seharga Rp 13.000 menjadi Rp 11.000.

Well, karena hari itu uang di ponsel hanya ada Rp 23.000, akhirnya aku memutuskan membeli gula pasir saja sebesar Rp 13.000. Lumayan lah, pulang ke rumah membawa beberapa oleh-oleh, gak sekadar tangan kosong.

Pempek Palembang, makanan yang aku beli di Sampan Digifest 2024
Sebenarnya acara masih berlanjut sampai malam. Hanya saja, aku dan lainnya memutuskan tidak ke sana lagi karena harus beraktivitas lain. Btw, pukul 19.00 ada bintang tamu "Guyon Waton

Apakah kalian datang untuk menyaksikannya gak gaes? Aku engga sih. Soalnya badan lagi capek juga akibat seharian beraktivitas. Jujurly, karena malam lalu bersamaan dengan malming, wilayah Jetayu ramai bukan main. 

Jalur yang biasa aku lalui untuk beli makanan harus ditutup karena digunakan untuk akses para tamu yang hadir pada malam untuk menonton Guyon Waton. Malam minggu plus acara musik memang perpaduan sempurna untuk memeriahkan acara. 

Aku sendiri sebenarnya gak terlalu suka nonton konser atau panggung-panggung acara musik begitu. Biasanya aku datang ke acara musik atau konser kalau memang butuh dokumentasi untuk menulis/ngeblog. Selain itu ya wassalam, malas datang. 

Oke, itu dia sekilas cerita 2 hari di acara Sampan Digifest 2024 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia Tegal dan Pemkot Pekalongan. Semoga tahun depan ada lagi dan lebih meriah, sehingga aku maupun lainnya bisa menghadiri lagi. Well, seandainya ada lagi, apakah kamu mau datang juga? 

21 komentar:

  1. Seru banget kak acaranya. Kirain bs menang doorprize. Kan lumayan tuh hadiahnya. Btw Pekalongan sering bgt ya bikin acara seru. Apalagi ini ngelibatin BI lagi. Pasti UMKM jg diajak dan tentu sj edukasi tentang literasi keuangan tuh yg plg penting.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Bang. Padahal ikutan senam juga nunggu doorprizenya hahaa
      Tapi ternyata belum rezeki, padahal angkanya hampir terus.
      Setahuku acara ini baru ini sih Bang yang nggandeng BI Tegal

      Hapus
  2. BI tuh ada dimana-mana yah kalau melibatkan UMKM. Keren banget ada Sampan Fest di Pekalongan. Kalau di Bandung, namanya KKJ = Karya Kreatif Jawa Barat. Sama-sama sponsornya BI juga.

    BalasHapus
  3. wah di pekalongan ada acara keren gini? padahal enggak terlau jauh dari tempatku. sampai kapan ya? kali aja bisa mampir

    BalasHapus
  4. Banyak kegiatan serunya di sana ya kak.
    Sambil main seru-seruan, dapat tambah informasi finansial juga.
    Semoga hadir juga nih di kota-kota lain

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah kalau pengusaha UMKM diayomi oleh BI, jadi bisnisnya makin berkembang. Acaranya rame juga yaa dan seru karena bisa jajan plus belanja.

    BalasHapus
  6. Ngiler bangettt sama mpek2nya, kayaknya ngga akan gagal yaa beli mpek2 di sana wkwkw, kalo di sini banyak banget yang ngaku asli palembang tapi kerasss :(( suka bete. Btw semoga hadir di kota malang jugaaa

    BalasHapus
  7. Sayang banget ya, Kak. Kakak nggak bisa ikutan Talkshownya. Tapi sudah ikut keseruan acaranya. Mana dua hari tuh.

    BalasHapus
  8. Seru ya acaranya. Apalagi dapat voucher belanja dan voucher diskon. Makin asik deh, bisa jajan-jajan dengan harga miring.

    BalasHapus
  9. Seneng banget kalo ada event kayak Sampan Digifest 2024 di Kota Pekalongan ini, apalagi ada talkshow buat generasi biar lebih melek digital. Dan yg paling aku incer juga kulinernya sih, xixixi..

    BalasHapus
  10. Senang banget nih kak jalan-jalan ke Sampan Digifest, bisa banget buat sekalian belanja dengan harga terjangkau.

    BalasHapus
  11. Event event seperti ini emmang dibutuhkan untuk masyarakat. Apalagi melibatkan UMKM untuk berkontribusi d acara ini otomatis juga meningkatkan ekonomi masyarakat setempat

    BalasHapus
  12. Seru banget acaranya apalagi di kota Pekalongan. Aku belum pernah ke sana. Semoga bisa kesana ya tahun depan

    BalasHapus
  13. Happy banget yaa.. ikutan Sampan Digifest 2024 di Kota Pekalongan.
    Aku kaya gak asing sama nama lapangannya sih.. Lapangan Jetayu.

    Aku pikir namanya Sampan Digifest tuh ada pertandingan sampan gitu... ternyata singkatan dari Sapta Mitra Pantura (Sampan). Hehhee..

    BalasHapus
  14. Wah, asik banget acara seperti ini
    Bisa jajan hemat karena ada voucher belanja dan voucher hemat

    BalasHapus
  15. Wah seru banget ya! Selain dapet pengetahuan dan jajan tentunya ya, bisa dapet voucher juga!

    BalasHapus
  16. Bagus ya BI mengadakan event untuk mensupport UMKM. Btw saya penasaran seperti apa sih senam CBP dan QRiS itu..?

    BalasHapus
  17. Wah, seru banget ya acaranya! Senangnya bisa ikut merasakan keseruannya dari ceritanya mbak. Aku jadi pengen juga ikutan ke Sampan Digifest tahun depan kalau ada lagi. Banyak kegiatan menarik dan diskon-diskon menarik dari UMKM, pasti asyik buat jalan-jalan sambil belanja. Semoga tahun depan lebih meriah lagi ya!

    BalasHapus
  18. Ah guyon waton favorit banget aku sama lagu²nya. Pasti seru banget itu bisa datengin guyon waton.. Hehehe
    Btw ketemu lagi sama fotonya pempek Palembang, jadi makin ngidam akutu hahaha

    BalasHapus
  19. Kenapa ya waktu jaman dulu suka ke pekalongan jarang banget acara-acara seperti ini. Seru kali, apalagi banyak stand makanan, pempek palembang nya menggugah selera.

    BalasHapus
  20. kalo dateng ke event seperti Sampan Digifest 2024 nih, suka ada aja diskon diskonan apa gitu. produk yang dijual udah pasti ya, kalo sembako naah ini epik sih. aku belum pernah ketemu, hehehe. tapi kalo jajanan biasanya emang jadi mahal banget

    BalasHapus

Mohon tidak memberikan komentar dengan link hidup karena akan langsung dihapus dan ditandai spam