Selasa, 02 Juli 2024

Merasakan Mie Kenyol, Mie Unik nan Lezat asal Pekalongan

Mie kenyol khas Pekalongan yang rasanya nikmat

Review Mie Kenyol kuliner asal Pekalongan - Setiap tempat selalu memiliki keunikan menyoal kuliner. Misalnya Semarang dengan Lumpianya, Jogja dengan Gudegnya atau Lamongan dengan Soto koyanya. Pekalongan pun sama.

Kota batik ini memiliki ragam kuliner yang beragam. Salah satunya adalah mie kenyol. Sudah pernah mendengar tentangnya? Kalau belum, baiklah, sepertinya kamu harus menetap di blog naramutiara lebih lama hehe

Mie kenyol banyak dijumpai di Kabupaten Pekalongan. Namun demikian, di wilayah Kota Pekalongan atau Batang, ia juga bisa dijumpai, meski jumlah penjualnya tak terlalu banyak. 

Baca juga : Mencicipi Nikmatnya Soto Betawi di Jalan Diponegoro

Mie kenyol terbuat dari tapioka. So, gak kayak mie yang biasanya terbuat dari terigu, ini beda ya gaes! Tentu, rasa dan teksturnya juga beda.

Well, karena terbuat dari tapioka, tentu ia punya tekstur kenyal dan lentur. Mentahannya, mie kenyol ini berwarna kuning dan dibuat lingkaran layaknya anti nyamuk.

Bentuk mie kenyol dari dekat, dimasak bersama kubis dan dikecapi

Ketika hendak dimasak, biasanya harus direndam dulu dengan air panas atau air dingin. Tujuannya, supaya si mie bisa melunak. Oh iya, kalau kalian pernah lihat kerupuk seblak ala Rafael, nah, kurang lebih seperti itu teksturnya.

Mie Kenyol dan Memori Bulan Ramadan

Bagiku, mie konyol memiliki memori dan cerita tersendiri. Di kampung, tempat aku lahir dulu, mie kenyol adalah kuliner yang eksis dijual ketika bulan Ramadhan tiba. 

Biasanya, menjelang berbuka puasa, seraya menanti menonton sinetron Lorong Waktu, aku pasti nyemil mie kenyol. Biasanya aku beli di warung tetangga. Satu pincuk berharga Rp 500, kalau sekarang mungkin Rp 3000.

Mie kenyol ala-ala Ramadan selalu mengingatkan aku akan masa kecil. Masa-masa bocah yang bahagia tiap mendengar bacaan tarhim, tanda memasuki waktu Magrib. 

I dunno, when, I see this food, I just remember about my dearest past. Hiks. 

Btw, waktu itu murah banget ya. Rp 500 udah dapat mie kenyol lezat yang disiram bumbu kacang. Tiap sore, menjelang berbuka, aku dan anggota keluarga tak pernah absen untuk membeli mie kenyol. 

Sekarang, aku masih menyukai mie kenyol. Hanya saja, karena rumahku bukan lagi di kabupaten, sehingga aku cukup kesulitan mencari penjual mie kenyol matang. 

Mie kenyol di pedagang keliling langgananku
Bila ingin memakannya, aku harus menuju ke tukang urap langganan. Biasanya, si ibu penjual membuat mie kenyol dan aneka jajanan tradisional seperti growol, tempe bacem, gemblong dll. 

Nah, karena beberapa waktu lalu ada seorang teman yang penasaran dengan cara masak mie kenyol. Sebenarnya, tiap orang beda bumbu, jadi jangan kaget kalau makan mie kenyol ala aku, 

RESEP MIE KENYOL ALA NARAMUTIARA

Bahan utama

  • 1/2 kg Mie Kenyol (sudah direndam air) 
  • 1/2 kg kubis, selada, kol, atau wortel (diiris-iris) 
  • 3 batang daun bawang diiris kasar

Bumbu-bumbu

  • 5 bawang merah
  • 3 bawang putih
  • 5 buah cabai rawit
  • 3 buah cabai merah
  • 6 butir merica bulat/bubuk juga bisa (secukupnya kalau pakai versi bubuk) 
  • Sedikit pala
  • Garam dan gula
  • Kecap (diberi di bagian akhir) 

Cara membuat, 

  1. By the way, semua bumbu dihaluskan dan dimasukkan ke wajan dengan minyak goreng secukupnya. 
  2. Aduk bumbu hingga berbau harum, lalu masukkan irisan kubis, tunggu hingga layu.
  3. Setelah kubis layu, masukkan mie kenyol yang sudah direndam air. 
  4. Aduk-aduk hingga tercampur semua. Kecap diberi paling akhir. Koreksi rasa dan selesai. 

Mudah bukan cara membuat mie kenyol? Kira-kira kalau di tempat lain nama mie tersebut apa ya? Beberapa waktu lalu, temanku mengatakan bahwa di daerah Gunung Kidul ada mie serupa bernama mie pentil. 

Setelah aku cari di google, memang bentuknya mirip, cuma mie pentil lebih kecil dari mie kenyol ala Pekalongan. 

Soal rasa, aku juga belum tahu sehingga belum bisa jawab sama atau engga. Mungkin suatu hari nanti bisa ke Gunung Kidul untuk wisata kuliner mie pentil hehe

Okay, itu dia uneg-uneg dan cerita singkat soal Mie Kenyol khas Pekalongan. Kalau di tempat kalian apakah ada mie sejenis? Kalau ada, yuk share di komentar hehehe. Siapa tahu suatu saat aku bisa mampir untuk mencicipinya 

Salam hangat dari Naramutiara!! 

21 komentar:

  1. Pekalongan bukan hanya dikenal dengan batiknya yang khas tapi juga makanannya ya. Unik banget namanya bentuknya juga kok kaya cacing ya mba, hehe. Tapi, kalau rasa nggak usah ditanya yaa enak banget dan bahkan sampai punya memori masa kecil sama mie ini. Harganya juga murah banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah kok sama persepsinya. Bentuknya licin dan bulat. Kayaknya manis gurih gitu ya, karena pakai kecap. Kalau diganti mie telur biasa bisa ga ya?
      Pantes kenyol-kenyol, rupanya terbuat dari tapioka yah...Lebih sehat benernya yah daripada terigu...

      Hapus
  2. Baru tahu mba di pekalongan ada mie model gini, tapi aku malah takut pikiranku malah traveling kemana", bentuknya gede panjang coklat nakutin. Kayaknya aku nggak berani makan ini. Gemoy gitu soale.

    BalasHapus
  3. Namanya unik juga ya mbak "Mi Kenyol" yang terlintas tuh langsung kepada tektur mie nya yang kenyal. Eh ternyata bener, karena dibuat dari tapioka ya.
    Nikmat nih disantapnya sepertinya

    BalasHapus
  4. Wahh aku suka banget makan mie. Tapi belum pernah makan mie kenyol. Unik banget yaa. Ini di marketplace ada yg jual mentahnya ga sih? Trus bumbunya pedas manis ya?

    BalasHapus
  5. Namanya unik, mie kenyol. Bentuknya pun unik, beda dari mie kebanyakan. Apalagi yang jual tradisional, pasti rasanya khas juga nih. Jadi pengen cobain. Moga next bisa ke pekalongan, dan cobain nih kuliner

    BalasHapus
  6. Kenapa namanya bukan mie "kenyil" ya...? Hehehe... Makanan yang terbuat dari tapioka biasanya cenderung seperti karet. Istilahnya di tempatku adalah "kenyil-kenyil" kalau pas digigit. Btw tadi saya baru mau bilang apakah mirip mie pentil, ternyata mie kenyol ukurannya lebih gede ya... hihihi, makanya dinamakan "kenyol" yak..

    BalasHapus
  7. Namanya unik ya. Mie Kenyol. Aku ngebayangin kayak yang kenyal gitu mienya. Berasa makan apa sih namanya. Marshamallow gitu nggak sih? Hehehe

    BalasHapus
  8. Kelihatan enak mienyaa, belum pernah nemu yang jual mie kenyol ini. Tapi ini miril mie kuning tapi dengan ukuran yang lebih besar dan kenyal

    BalasHapus
  9. belum pernah nyobain mie dengan nama unik inii..lucu namanya..btw, barusan lagi liat kata pincuk, langsung terbayang keramahan kota-kota di jawa Timur hehe

    BalasHapus
  10. Kalo Pekalongan punya mie kenyol, kalo Medan punya mie lidi warnanya kuning kekgini juga. Tapi teksturnya keknya enakan mie kenyol deh, lebih kenyal dan gak gampang lembek yah.

    BalasHapus
  11. Sepintas mirip udon versi mie goreng ya. Maksudnya kalau udon kan cenderung berkuah. Jadi pengen coba juga deh

    BalasHapus
  12. Kalau di Semarang sih ga ada mba mie dari bahan tapioka gini. Saat maen ke Jogja, nemu mie lethek (warnanya kusam), kayaknya itu dari tapioka bahannya. Enak banget rasanya. Lebih ringan ya teksturnya klo bukan dari gandum gitu bahannya.

    BalasHapus
  13. wah iya, ini mie yang enak banget menurutku. dimasak pakai cabai hijau, pedas tapi manis karena kecap. nyam nyam, bakalan bikin banyak ngabisin nasi, hehe

    BalasHapus
  14. Lucu banget ya bentuknya. Tp krn bentuknya agak gede, jd terkesan cepat peuh di mangkuk/wadahnya. Penasaran dgn rasanya nih. Kenyalnya apakah sama dgn mie biasa/ada tekstur lain tuh ya. Ahhh jd pengen beneran nih ke Pekalongan buat makan mie kenyal langsung dr kedainya.

    BalasHapus
  15. Saya ngebayangin mentahannya, bentuknya pasti lucu karena melingkar kayak obat nyamuk. Jadi gak yang bentuk lidi gitu kan ya? Saya penyuka tekstur kenyal, jadi kemungkinan besar saya pasti suka sama mie ini.

    BalasHapus
  16. Sekilas kalau dilihat bentuknya mirip udon ya... apa rasa kenyalnya juga seperti udon, mbak? Semoga suatu hari saya bisa langsung mencicipi mie kenyol ini ya

    BalasHapus
  17. Ya ampun bocaaaah! Dasar ya, nunggu azan Magrib di bulan Ramadan sambil makan mie kenyol!

    Btw, sepertinya mesti nyoba langsung biar tahu perbandingan dengan mie lain. Dari tulisan di atas sih, sepertinya mirip mi glosor kalau di tempatku. Mi glosor ini dari tepung sagu, warnanya kuning, teksturnya juga kenyal dan licin.

    BalasHapus
  18. Mie Kenyol kuliner asal Pekalongan ini bentuknya gendud gendud gemooy yaa..
    Aku jadi kebayang pas nyeruput bisa lebih cepet habis dan kenyang. Apa nama aslinya si produk Mie Kenyol ini juga Mie Kenyol?

    BalasHapus
  19. Aku kenalnya mie karet, beda lg ya? Rasanya emang kenyal bgt ya hehe apa bahannya jg beda kaya mie biasanya jd hasilnya beda gitu ya.. tp enak jg

    BalasHapus
  20. Wah, kok unik namanya
    Aku baru tahu tentang mie ini
    Oke, nanti klo ke Pekalongan harus makan mie ini

    BalasHapus

Mohon tidak memberikan komentar dengan link hidup karena akan langsung dihapus dan ditandai spam