Jumat, 07 Juni 2024

Mencicipi Nikmatnya Soto Betawi di Jalan Diponegoro, Kota Pekalongan

Soto betawi enak dekat rumah

Mencicipi soto betawi dekat rumah - siapa yang tak kenal dengan makanan bernama soto. Di Indonesia, soto memiliki banyak jenis. Ada soto kuah kuning, soto bening, soto santan dan soto kuah merah.

Sebagai pecinta makanan berkuah, soto termasuk kuliner yang selalu aku cari eksistensinya. Tahu gak kalau di Pekalongan terkenal dengan soto apa? Yup, soto tauto atau soto berkuah merah dengan campuran tauco. 

Well, kali ini, naramutiara tak akan membahas soto Tauto, tapi soto betawi yang dijual dekat rumah. Ya gak dekat dekat amat sih. Tapi kalau naik sepeda gak sampai 3 menit udah sampai. 

Soto betawi ini berada di jalan Diponegoro dekat dengan Polres Pekalongan kota. Jadi, kalau kamu ke ATM dekat Polres Pekalongan, di sana ada penjual martabak dan soto. 

Mukanya aku juga tak tahu soto tersebut. Sering lihat berjualan tapi belum pernah membeli, lalu kakakku membeli satu dibawa pulang. Ketika aku icip, ternyata enak banget. 

Sejak saat itu, aku sering kali membeli soto betawi ditempat tersebut. Memangnya gimana sih rasanya kok naramutiara suka banget? Well, rasanya gurih, manis, asin dan asam kalau kuahnya diberi perasan jeruk. 

Harga soto betawi di jalan Diponegoro

Gimana, untuk harga cukup terjangkau bukan? Aku biasanya membeli soto ayam dengan harga Rp 10.000, kalau mau campur yang berisi babat dan ayam kita bisa membayar Rp 16.000. Aku sendiri belum pernah beli. 

So, dalam soto seharga Rp 10.000 itu ada apa aja Nara? 

  • Suwiran ayam dengan jumlah banyak
  • Irisan tomat dibuat kotak-kotak
  • Daun bawang
  • Kentang goreng dibuat kotak-kotak
  • Kuah kuning santan

Ini dia penampang soto betawi favoritku di Kota Pekalongan

Kalau ditambah kecap dan sambal, rasanya lebih maknyus. Biasanya, kalau dibawa pulang, aku juga akan membeli tempe goreng lalu kemasukan ke sotonya supaya lebih banyak isinya. 

Itu dia isi dari soto betawi di Jalan Diponegoro. Aku sendiri belum pernah mencoba soto betawi do tempat lain. Kira-kira rasa dan isinya bakalan sama gak ya? 

Aku sebenarnya tidak doyan tomat mentah ketika disajikan sebagai lalapan. Namun, tomat mentah dalam soto betawi ini enak. Gak kerasa asam sama sekali. Berbaur dengan citarasa kuahnya.

Baca juga : Main ke Pekalongan, Yuk Kenali Kuliner khasnya! 

By the way, kalau kalian mampir ke Kota Pekalongan dan pengen icip-icip Soto Betawi yang enak tersebut, cuzz aja langsung ke depan Polres Kota Pekalongan kota. 

Jika menemukan papan merah bertuliskan harga-harga soto, di situlah lokasi soto betawi enak ini. Dijamin, gak bakalan nyesel karena rasanya!

Well, next bakal wisata kuliner apa lagi ya sehingga bisa kutulis di blog ini!

30 komentar:

  1. Kalau udah soto memang sesuatu deh nikmatnya, karena bisa pakai atau tanpa nasi.
    Apalagi harganya terjangkau dengan isian yang banyak.

    BalasHapus
  2. Duh nikmat banget ya... makan soto betawi di pekalongan mungkin suatu pengalaman yang menyenangkan ya.. apalagi dimakannya pas lagi hangat2nya hehehe

    BalasHapus
  3. Bentukan dan isi soto betawinya sama nih kayak yang ada di jakarta. Soto dengan kuah santan yang aku suka yaa soto betawi gini

    BalasHapus
  4. Wah iyaa biasanya di Pekalongan jual tauto yg pake tauco. Tapi ada juga warung soto Betawi ya. Belum pernah makan soto Betawi ayam akuu. Seringnya daging atau jeroan. Yang penting enak lah.

    BalasHapus
  5. Saya suka soto betawi, Mbak. Dan saya suka pakai nasi. makin nikmat pakai sate hehehe Tapi saya makannya di Jakarta. Dan ternyata soto betawi ada juga di Pekalongan. Ini yang jual memang orang betawi atau orang pekalongan, Mbak? Karena ada di Gombong jual es pisang ijo khas makassar, tapi orang jawa hehehe.

    BalasHapus
  6. Dulu waktu pertama kali icip-icip soto di daerah Slawi, Tegal, rasanya agak-agak aneh gitu, asem , eh ternyata dikasih tauco, tapi abis juga, hahahahahha... Pimen ceritane ana soto Betawi neng Pekalongan ??

    BalasHapus
  7. Dulu waktu pertama kali icip-icip soto di daerah Slawi, Tegal, rasanya agak-agak aneh gitu, asem , eh ternyata dikasih tauco, tapi abis juga, hahahahahha... Pimen ceritane ana soto Betawi neng Pekalongan ??

    BalasHapus
  8. waah pasti jadi sangat menarik karena ada soto betawi sampai ke Pekalongan apalagi rasanya sangat berbeda dari soto yang ada di sana. Biasanya kuahnya emang pekat karena suka ditambahin santen susu dan minyak samin, biasanya juga pake sapi dan jerohannya

    BalasHapus
  9. molly suka banget soto betawi, apalagi yg kuah susu. nikmat banget dimakan anget2, duh ngiler..

    BalasHapus
  10. Soto adalah makanan yang selalu membuat selera makanku meningkat. Agak banyakin sambal terus beri perasan jeruk nipis. Duh ngiler.

    Aku baru nyobain soto Lamongan, soto Semarang sama soto Madura sih. Kalau yang soto Betawi belum. Hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soto betawi adalah salah satu soto favoritku
      Sayangnya di Surabaya jarang bisa ketemu soto betawi dengan citarasa otentii

      Hapus
  11. Saya donggg suka soto. Soalnya seger, apalagi ketika masih panas. Ditambah sambal, makin mantap. Ahhh... jadi mendadak lapar :D

    BalasHapus
  12. Saya belum pernah ke Pekalongan. Jadi pengin ke sana nyobain soto Pekalongannya juga.

    BalasHapus
  13. Banyak berbagai macam soto ya, aku belum pernah sih coba soto yang khas Pekalongan, tapi di Karawang khasnya soto bening, namun ada juga yang jual seperti soto betawi. Aku sih yang mana aja suka, haha. Asal pakai sambel merah dan perasan jeruk nipis. Ahhh mantap!

    BalasHapus
  14. Lucu aja. Soto Betawi makannya di Pekalongan. Kalau soto di manapun enak sih.
    BTW...aku pengen loh ke Pekalongan. Bbrp kali ke Bandung-Semarang naik KA, kira-kira tengah malem, brenti di Pekalongan. Kan penasaran, kalau aku turun sini, ngapain ya, ada apa di Pekalongan (selain batik)?...

    BalasHapus
  15. Loh setahuku ini malah soto kyk di tempatku, Kediri. Emakku jg sering bikin soto spt ini. Setahuku soto betawi ada susunya. Makanya bikin enek kalo ga suka. Soalnya bikin kuahnya bertambah kent.

    BalasHapus
  16. hua saya suka sekali dengan soto, tapi ini unik juga ya soto Betawi tapi ada di Pekalongan. Kayaknya kalau ke Pekalongan wajib banget untuk nyobain

    BalasHapus
  17. Aduhduh.. Soto Betawinya kenapa tampak lezat buanget. Mana berlimpah gitu suwiran ayamnya, pasti bikin kenyang.

    BalasHapus
  18. Wah harganya afordable banget. Cuma 10 ribu, sudah dapat soto betawi yang enak. Saya termasuk orang yang suka soto betawi. Dulu pas di Depok sering makan. Sekarang di Madura gak ada yang jual soto Betawi.

    BalasHapus
  19. Aku dulu nggak suka sama soto, entah kenapa. Lama kelamaan jadi suka. Seger banget, apalagi kalo dimakan pas siang-siang. Sekarang malah penasaran sama soto lain yang ada di Indonesia. Salah satu yang bikin penasaran banget ya soto Betawi ini karena sering disebut-sebut.

    BalasHapus
  20. Ini nih enaknya tinggal di Indonesia, kita bisa mencicipi makanan-makanan enak dari tiap daerahnya tanpa harus pergi dulu ke daerah itu, banyak tersedia di sekeliling kita.
    Salfok sama soto ayam yang harganya terjangkau tapi tampilan yang menggambarkan rasanya mewah banget untuk harga Rp10.000. mantap

    BalasHapus
  21. Aku yang di Bogor saja masih agak susah nih menemukan Soto Betawi. Wah, bisa nih dikunjungi kalau suatu waktu nanti berkunjung ke Pekalongan.

    Soto Betawi itu memang terkenal dengan kuahnya yang kuning kental bersantan dan potongan kentangnya yang nggak kelewat besar untuk masuk ke dalam mulut sih. kebayang nikmatnya makan Soto Betawi pakai nasi hangat siang-siang.

    BalasHapus
  22. Wah jadi pengen buat soto, soto ini enak dimakan pagi hari, sama sate kerang, sate jeroan, berkedel. Klo makan soto pake mangkok kecil itu, pasti bikin tambah.

    BalasHapus
  23. Saya belum pernah coba nih Soto betawi, sepertinya segar ya rasanya , ciri khas beberapa daerah punya soto

    BalasHapus
  24. Karena aku tinggal di Jakarta, cukup mudah menemukan soto Betawi di sini, Kak. Ada yang kuah bening dan kuah santan. Aku pribadi lebih suka yang santan karena lebih creamy dan gurih. Enak dimakan dengan tambahan acar dan emping.

    BalasHapus
  25. suami tuh termasuk yang suka soto betawi, tapi ternyata beda ya dengan soto soto yang pernah kami cicipi, jadi pengen nyobain Soto Betawi Kota Pekalongan, disini ada cabang yang jual gak ya? huhuhu

    BalasHapus
  26. Murah banget kak masih ada soto betawi 10K. Btw, dari semua jenis soto kuah kuning, soto bening, soto santan, soto kuah merah. Aku yang kuah merah belum pernah ngerasain sama sekali. Jadi penasaran deh

    BalasHapus
  27. Jadi ngiler ini lihat fotonya, apa makan siang nanti makan soto betawi ya. Udah lama gak makan yang santan-santan kayak gini soalnya. Kayaknya enak banget deh, segerrrr..

    BalasHapus
  28. Soto dimakan pas sarapan tuh endeeuuss bangeet..
    Bikin badan hangat.
    Andalan makan soto yang kuahnya kuning kaya Soto Pekalongan ini.
    Karena kalau di Bandung ada soto kuah bening juga..

    BalasHapus
  29. Aku pernah makan soto betawi. Enak banget. Cuma menurutku bikin cepat kenyang untukku. Ternyata banyak juga ya jenis soto di Indonesia

    BalasHapus

Mohon tidak memberikan komentar dengan link hidup karena akan langsung dihapus dan ditandai spam